Bagaimana Musik Mempengaruhi Mood Kita

Sudah sejak zaman nenek moyang kita, music menjadi salah satu media yang penting dan memiliki beragam symbol. Zaman dahulu tentu tanpa beli speaker ya, tapi para peneliti telah merenungkan manfaat terapeutik dan suasana hati meningkatkan kemungkinan musik selama berabad-abad.

Bahkan beli speaker dan mendengarkan musik sedih membawa sebagian besar pendengar pada sebuah kesenangan dan kenyamanan, menurut penelitian terbaru dari Universitas Durham di Inggris dan University of Jyväskylä di Finlandia, yang diterbitkan dalam PLoS ONE. Sebaliknya, studi ini menemukan bahwa bagi sebagian orang, musik sedih dapat menyebabkan perasaan negatif duka yang mendalam. Penelitian ini melibatkan tiga survei lebih dari 2.400 orang di Inggris dan Finlandia, fokus pada emosi dan pengalaman berkesan terkait dengan mendengarkan lagu-lagu sedih.

Musik memang mampu mempengaruhi mood atau perasaan kita. Musik bahkan dapat membantu kita untuk menentukan cara orang mengatur suasana hati mereka dengan bantuan musik, serta bagaimana rehabilitasi musik dan terapi musik mungkin memasuki proses ini dari kenyamanan, bantuan, dan kenikmatan.

Dalam penelitian itu juga dikatakan bahwa musik dapat membantu menemukan alasan untuk kedua mendengarkan dan menghindari musik sedih. Sebuah studi sebelumnya, yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, menemukan bahwa orang cenderung lebih suka musik sedih ketika mereka mengalami kerugian interpersonal yang mendalam, seperti akhir dari sebuah hubungan.

Para penulis penelitian yang menunjukkan bahwa musik sedih menyediakan pengganti hubungan yang hilang. Mereka membandingkannya dengan preferensi kebanyakan orang untuk teman empatik - seseorang yang benar-benar mengerti apa yang akan dilakukan. Sebuah studi dalam Journal of Positive Psychology 2013 menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik upbeat dapat meningkatkan suasana hati mereka dan meningkatkan kebahagiaan mereka hanya dalam waktu dua minggu. Dalam studi tersebut, peserta diminta untuk mencoba untuk meningkatkan suasana hati mereka, tetapi mereka hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik upbeat dari Copland yang bertentangan dengan lagu-lagu sedih dari Stravinsky.

Dan suasana hati lebih bahagia membawa manfaat luar perasaan yang baik. Dalam siaran pers, penulis utama studi, Yuna Ferguson, mencatat bahwa kebahagiaan telah dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik secara fisik, pendapatan yang lebih tinggi, dan kepuasan hubungan yang lebih besar.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

0 Response to "Bagaimana Musik Mempengaruhi Mood Kita"

Poskan Komentar

wdcfawqafwef